Kamis, 07 Oktober 2010

SISTEM OPERASI

BAB 1 Konsep Dasar Sistem Operasi Komputer

1.1 Pendahuluan
Setelah lebih dari 60 tahun sejarah pemakaian computer secara umum, telah terjadi pergeseran peranan sebuah Sistem Operasi. Dari tabel dibawah terlihat bahwa telah terjadi perubahan besar dalam dunia Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Terlepas dari banyaknya perubahan tersebut di atas, banyak aspek yang tetap sama seperti dahulu. Komputer abad lalu menggunakan model arsitektur Von-Neumann, dan demikian pula model komputer abad ini. Aspek pengelolaan sumber-daya Sistem Operasi seperti proses, memori, input/output (I/O), file, dan seterusnya masih menggunakan prinsip-prinsip yang sama.
Sistem operasi (Operating System) merupakan sebuah kumpulan program yang mengatur perangkat keras (hardware) dari komputer. Sistem operasi juga sebagai landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna (user) dengan perangkat keras. Setiap sistem operasi memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan tugasnya. Hal ini menimbulkan aneka ragam sistem operasi yang sangat menajubkan.
Sistem operasi dilihat dari sudut pandang pengguna, sistem operasi dapat dipandang sebagai alat untuk mempermudah pengguna komputer. Dalam hal ini sistem operasi dirancang agar mudah digunakan, dengan kurang memperhatikan kinerja dan mengabaikan utilitas sumber daya. Selain itu dalam lingkungan dengan pengguna banyak (multi-user), sistem operasi juga dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimalkan pemakaian sumber daya komputer.
Dari sudut pandang sistem, sistem operasi dapat dianggap sebagai alat yang menempatkan sumber daya secara efisien (resource allocator). Sistem operasi sebagai manajer bagi sumber daya, yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien. Sistem operasi juga mengatur eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. Fungsi ini dikenal juga sebagai program pengendali (control program). Berikutnya juga bisa disebut sistem operasi merupakan suatu bagian program yang berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah kernel.
Dari sudut pandang tujuan sistem operasi, sistem operasi dapat dipandang sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan (convenient) untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna. Tujuan lain sistem operasi ialah membuat pengguna sumber daya komputer menjadi efisien.

1.2 Komponen Sistem Komputer
Pemahaman akan sistem operasi, sebaiknya dilandasi dengan mengetahui/ memahami komponen-komponen sistem komputer. Komponen sistem operasi dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu perangkat keras(peripheral), perangkat lunak, dan brainware(pengguna). Perangkat keras adalah sumber daya untuk komputasi, dan merupakan benda yang konkret dapat dilihat dan disentuh. Perangkat lunak merupakan sarana yang memberitahukan kepada perangkat keras apa yang harus dikerjakan. Perangkat lunak dapat dibagi lagi yaitu sistem operasi dan program aplikasi. Sistem operasi bertugas mengontrol dan mengatur, sementara program aplikasi bertugas menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah para pengguna. Brainware (pengguna) ialah pengguna komputer, dapat berupa manusia, mesin lain atau komputer lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar